Halaman

Selasa, 09 Juli 2013

Sejarah Singkat K9

Pendahuluan

Ungkapan bijak yang mengatakan “anjing adalah sahabat terbaik manusia” karena kesetiannya mengikuti, menemani sekaligus menjadi pelindung bagi majikan atau pawangnya adalah sangat tepat dan benar.

Simbiosis mutualistis
    Persahabatan antara manusia ( homo sapience ) dengan srigala ( Canineae familieae ) telah dimulai dari zaman purba.
   Pada awalnya anak-anak Srigala dipungut dan dipelihara oleh kelompok-kelompok manusia purba yang kemudian ternyata berguna untuk berburu, menjaga ladang pertanian, mengembala ternak dan sebagai alat berperang.
    Persahabatan manusia dengan anjing terus berlanjut sampai pada zaman modern ini.

Asal kata dan arti K-9 = Ca-nine
      Arti kata Ca-nine/K-9 berasal dari kata Yunani Canineae familyae selanjutnya disebut keluarga Canis/Srigala, jenis binatang buas yang memiliki susunan gigi geligi pemotong daging, terletak persis dibelakang taring.
     Jenis-jenis anjing yang ada saat ini adalah keturunan srigala yang telah melalui proses rekayasa Genetika.
     Unit K-9 secara umumnya berarti Satuan Anjing Pekerja yang terdiri dari Anjing dan Pawangnya.

Istilah K-9 Corps
     Pada periode Th.1835—Th.1842. Terjadi perang saudara/perang civil di Amerika negara bagian Lousiana  tepatnya di wilayah Distrik Seminole terjadi perang yang berkepanjangan antara penduduk asli amerika dengan bangsa Eropa, juga antara pasukan Konfederasi dengan pasukan Union Jack Inggris.
     Pasukan Konfederasi yang menggunakan anjing sebagai salah satu alat perangnya mampu memukul mundur, bahkan menghancurkan pasukan Inggris di berbagai area perang.
     Parade dan Devile memasuki kota Seminole oleh pasukan para petani yang menang perang dengan senjata Windchiester dan anjing perang jenis American Bloodhound selalu dinanti dan disambut dengan teriakan “long live K-9 Corps “ oleh warga kota. 
Penggunaan Anjing Dalam Peperangan  
  • Alexander The Great (Th.3500—Th 3000 S.M)
Saat Alexander  naik tahta  umur 16 tahun menggantikan ayahnya Raja Philips dari  Macedonia Yunani, satu Divisi Infantri menggunakan pedang pendek, perisai dan anjing jenis Giant Massive Dog tergabung dalam Legion Fallax bersenjata  Tombak panjang dan membawa perisai, berparade mengiringi pelantikannya sebagai raja.
Dalam usia 20 tahun Alexander dalam perang Gaugamela telah mampu mengalahkan dan menghancurkan Imperium Persia ( Raja Darius III ) musuh bebuyutan bangsa Yunani yang memiliki Legion Perang enam kali lipat banyaknya dari Alexander.
Saat wafatnya Alexander The Great pada usia 38 tahun karena sakit demam tinggi/malaria, mewarisi peradaban dan wilayah taklukan yang sangat luas meliputi tiga benua, seluruh Eropa, sebagian Afrika dan sebagian Asia.

  • Jendral  Marcus Maximus  ( Romawi ) menggunakan Srigala dalam peperangan garis depan menaklukan suku bangsa Jerman.
  • Attila the HUN menggunakan jenis anjing Monggolian Bloodhound dalam expedisi penghancuran ke Roma.
  • Napoleon Bonaparte ( Francis ) melibatkan ratusan bahkan ribuan anjing pekerja dalam expedisi pendudukan kota pelabuhan Alexandria di Mesir Afrika.
  • Setelah keberhasilan pelayaran Colombus menemukan benua baru, dilanjutkan dengan expedisi penaklukan bangsa Spanyol di Mexico dan Peru Amerika yang juga melibatkan satuan anjing pekerja jenis Tallbot menaklukan suku bangsa Indian Aztek dan Inka.
  • Pada (Th. 1835- Th.1842) periode perang civil Amerika yang terkenal dengan sebutan Perang Seminole, ratusan bahkan ribuan Anjing American Talbot telah digunakan untuk Anjing Perang.
  • Pada Th. 1880. tercatat 66 ekor anjing militer Royal Bershire Resimen Batalyon ke dua Militer Inggris terlibat pertempuran sangat heroik di Afghanistan, dan pada th. 1881 seekor anjing bernama Bobie untuk pertama kalinya mendapat penghargaan khusus dari Ratu Victoria.
  • Pada tahun 1884. di Leinriech dekat Berlin militer Jerman mendirikan sekolah latihan anjing perang,dan pada Th. 1885 standar manual Dog Training School pertama diterbitkan oleh Militer Jerman.
  • Pendirian sekolah anjing perang diikuti oleh Belgia, Francis, Italia, Belanda dan Inggris.
  • Pada tahun 1914 – th. 1918. terjadi peperangan di Eropa yang terkenal dengan sebutan perang Dunia ke I, satuan-satuan anjing perang terlibat dalam berbagai fungsi oleh negara-negara Eropa.
  • Di zaman perang modern yang telah menggunakan mesin perang dengan teknologi canggih pun, peran satuan anjing pekerja masih digunakan dalam berbagai fungsinya.

Penggunaan Anjing Pekerja di Indonesia
  • Pada Th 1922, tanggal 17 Maret, telah berdiri satu perkumpulan yang bernama “Nederlansch Indische Kinologen Vereeneging” berbentuk Badan Hukum yang disyahkan dengan Gouverment besluit/Penetapan Pemerintah Hindia Belanda nomor 79, tanggal 22 Juni 1922 dan berkedudukan di Sukabumi, bertujuan untuk memelihara kemurnian anjing Trah/anjing Ras.
  • Organisasi ini sekarang bernama PERKIN ( Perkumpulan Kinologi Indonesia ) berkedudukan di Jakarta.( Kegiatan Dog show dan Dog Sport ).
  • Pada th. 1952 Kepolisian Karesidenan Malang mendapat hibah dua ekor anjing Herder dari pengusaha Belanda yang kembali ke Negaranya, kemudian digunakan untuk Operasi Kepolisian melacak para pelaku kriminal yang marak pada saat itu.
  • Pada tanggal 4 Juli 1959, untuk keperluan Anti Gerilya , dengan Skep Menpangak/atau Kapolri , berdiri Brigade Anjing Kepolisian Negara ( Brigan, yang berkedudukan di Kelapadua Cimanggis Depok, sekembalinya dua orang perwira muda Iptu.R. Soedhono dan Ipda. Soedardjanto. Dari sekolah Ranger Amerika (Program Bea Siswa)
  • Pada tahun 1962. Brigade Anjing Polri mendapat tugas BKO Pengamanan Hangar pesawat AURI di Maospati Madiun dan tugas pelatihan kepada anggota Provoost AURI, kemudian pada th. 1963 Brigade Anjing AURI terbentuk untuk pengamanan hanggar pesawat MIG AURI.
  • Pada Th 1982 Bea Cukai telah memiliki Satuan  K-9, mendapat Supervisi dan Instruktur dari Polri.
  • Keberhasilan Satuan Tugas K-9 Polri dalam Tugas Bantuan Taktis Tempur Operasi penumpasan D.I./T.I.I. Operasi GPK Aceh, Operasi Seroja, pembebasan sandera Mapanduma Papua dan pengamanan pengungsi perang Kamboja di pulau Galang. Dan tugas Kepolisian untuk pelacakan jejak para pelaku kriminal, Pelacak Narkotik/BOM, SAR.
  • Pada saat kini Unit K-9 juga telah digunakan oleh Kopasus TNI AD dan  Lantamal TNI AL.
  • Kesatuan Brigade Anjing Polri mengalami berbagai perkembangan, perubahan nama menjadi Satuan Utama Satwa Polri, dan kemudian menjadi Sub. Direktorat Satwa Polri dan dipimpin seorang Komisaris Besar Polisi.
  • Pada masa kini Brigade Anjing Polri telah berkembang menjadi Direktorat Polisi Satwa yang dipimpin oleh seorang Brigadir Jendral Polisi.
  • Walaupun berbagai alat mekanik berteknologi sangat canggih telah dibuat oleh manusia untuk membantu tugas pekerjaannya, namun satuan anjing pekerja masih sangat dibutuhkan dan semakin dikembangkan penggunaannya guna tugas yang sangat khusus dan spesific.
  • Sejalan dengan perkembangan zaman, maka kebutuhan alat pengamanan yang efektif dan efisien dikalangan dunia usaha khususnya bidang pertambangan, MIGAS dan perhotelan maka Unit K-9 menjadi pilihan yang tepat sesuai regulasi, :
1. Perkap nomor 24 Tahun 2007. tentang Sistem Managemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/ atau Instansi/Lembaga Pemerintah ( Berita Negara Republik Indonesia tahun 2007 nomor 50 ).
2.  Perkap Nomor 24 Tahun 2010, tanggal 30 September 2010. ( Berita Negara Tahun 2010 Nomor 479 ). Tentang Tata Cara Pelaksanaan Audit Untuk Penerbitan Surat Rekomendasi dan Surat Izin Operasional Badan Usaha Jasa Pengamanan.
  • Existensi K-9 akan sejalan dengan perkembangan zamannya khususnya dalam Situasi Kondisi Ancaman Teror Massa Anarkis maka Manuver-manuver Gerakan Taktis Formasi K-9 Riot Control/PHH, akan sangat berguna untuk memecah kerumunan , mendorong dan mencerai beraikan kerumunan massa menjadi kelompok yang lebih kecil sehingga lebih mudah dikendalikan tanpa khawatir melanggar issu HAM.
  • Dan masih banyak Tugas Fungsi Khusus yang dapat dilaksanakan oleh Unit K-9 seperti Antisipasi Ancaman Bom,  Bahaya Narkoba dan VVIP  Protection.
Selamat bertugas.....Terima kasih.

       ( By. Agung Raka )
          K-9 Specialist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar